Antara WordPress Dan Blogspot

Antara Wordpress Dan Blogspot

wordpress dan blogspotTiga hari mengutak-ngatik wordpress untuk mencoba memahami struktur dan elemen-elemennya, membuat kepala ini berdenyut lebih kencang dari biasanya. Bagaimana tidak, jelas sekali bahwa dashboard WordPress sangat berbeda dengan dashboard Blogger yang biasa saya lihat. WordPress memiliki dashboard yang lebih kompleks dari Blogger.

Salah satunya mengenai kode-kode tampilan blog. Berbeda dengan Blogspot yang semua kode css, html, maupun javascript disajikan hanya dalam satu editor HTML saja, WordPress justru disajikan terpisah dalam beberapa file php. Hal inilah yang mungkin membuat sebagian Blogger malas menggunakan wordpress dan lebih memilih blogspot yang lebih simple.

Namun setelah tiga hari ini mengutak-ngatik dashboard wordpress dengan menelusuri semua fitur-fiturnya, akhirnya saya mulai mengerti persamaan dan perbedaan antara wordpress dan blogspot. Di bawah ini beberapa persamaan dan perbedaan wordpress dan blogspot. Anda juga bisa menambahkan lainnya di kolom komentar.

Persamaan Antara WordPress Dan Blogspot

Persamaannya jelas keduanya memerlukan keuletan dan ketelitian. Untuk mengutak-ngatik tampilan wordpress dan blogspot ini kita memerlukan ketelitian, karena jika tidak maka blog kita akan error. Bahkan untuk wordpress lebih sensitif lagi, jika kita menggunakan script atau plugin yang salah maka tampilan blog menjadi blank bahkan dashboard blog pun tidak bisa dibuka. Untuk itu kita harus selalu mengecek tampilan setiap kali kita menambah sebuah script atau plugin, sehingga ketika terjadi error maka kita tahu penyebabnya. Jika ternyata dashboard wordpress sampai tidak bisa dibuka, maka untuk memperbaikinya kita melalui cpanel hosting wordpress kita.

Perlu keuletan juga dalam menjalankan keduanya. Jika kita hobi mengutak-ngatik template khususnya dalam hal tampilan blog, baik wordpress maupun blogspot memerlukan keuletan dan pantang menyerah. Jika perlu, tanyakan pada yang lebih mengerti. Jangan pakai malu, karena jika malu bertanya maka akan sesat di blog hehehehe….

Biarpun kode-kode wordpress dan blogspot ditampilkan berbeda, namun keduanya memiliki persamaan yaitu semua kodenya saling berhubungan. Ada kode untuk halaman depan, halaman postingan, header, komentar, dan lain-lain.

Perbedaan Antara WordPress Dan Blogspot

Sudah barang tentu dari keduanya jelas terdapat perbedaan. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa wordpress dan blogspot menyajikan kode-kode pembentuk template dalam tampilan yang berbeda. Untuk blogspot, kode-kodenya ditampilkan dalam satu editor html sehingga lebih mudah ketika mencari sebuah kode. Dan untuk wordpress disajikan terpisah dalam beberapa file php sehingga ketika kita mencari sebuah kode maka kita harus mengetahui file php tempat kode yang kita cari.

Untuk performa dan kecepatan blog, pada blogspot harus kita lakukan manual baik pada edit html maupun pada postingan blog. Sedangkan di wordpress, kita bisa menggunakan plugin sehingga akan lebih mudah dalam pengerjaannya. Dan pada wordpress self hosted kita memiliki cpanel yang bisa kita gunakan juga untuk men-setting kecepatan blog.

Jika kita menggunakan blogspot dan wordpress.com, maka kita harus betul-betul mengikuti aturannya. Jika tidak maka blog kita akan dihapus oleh pihak blogspot maupun wordpress.com. Namun jika kita menggunakan wordpress self hosted maka kita bebas menggunakan blog tanpa perlu khawatir blog kita dihapus.

Nah dari beberapa persamaan dan perbedaan antara wordpress dan blogspot di atas, maka kita bisa menentukan platform mana yang akan kita gunakan untuk blog kita. Namun sebenarnya tidak hanya wordpress dan blogspot saja yang bisa kita gunakan untuk membuat blog, ada beberapa platform lainnya juga yang bisa kita gunakan.

Sebenarnya kita tidak memerlukan keahlian khusus untuk membuat sebuah blog, namun alangkah baiknya jika kita memahami dan menguasai platform yang kita gunakan sehingga blog yang kita buat tidak ala kadarnya.

Ibarat sebuah rumah, blog pun harus kita buat senyaman mungkin agar kita dan pengunjung betah. Ibarat sebuah toko, isi dan tampilan blog pun harus menarik agar banyak pembeli yang datang ke toko kita.

Author: Adhy Suryadi

I am just an ordinary people who are interested in code. Trying to share experiences while studying blogging, hopefully useful. Other Blogs: Kompi Ajaib | MyInfo.web.id | Adhy Suryadi Follow me on: Facebook | Twitter | Google+

Share this:

Loading...

11 thoughts on “Antara WordPress Dan Blogspot”

  1. Nambah saja mas ..
    blogspot hanya terbatas menggunakan html, js, dan script2 yg sifatnya bisa dilihat (client site). sementara WP menggunakan PHP yang server site. PHP juga menggunakan database (MySQL), sementara HTML tidak… Mohon koreksinya kalau saya salah … 🙂

          1. sebenernya saya juga sudah lama pengen pakai self hosted.
            tapi masih ragu kang 🙂
            soalnya masih sepi visitor 🙂
            baiknya gimana kang?
            pakai self hosted tanpa mikirin visitor (aktif ngeposting)
            pakai gratisan tapi nunggu visitor 🙂

  2. ingkling di sore hari…
    saya pernah mas dulu pake blogger beralih ke B2, dilanjut B2 Evolution, dilanjut pake moveable type, baru masuk wordpress.
    dulu hosting yg dipake hosting numpang dari temen mas jadi domainnya pake subdomain gitu.
    habis semuanya mati, masih tetep pake wordpress tp yg gratisan di blogdetik, berhubung engga bisa ngedit template + pasang script di dlm postingan yg kala itu isi postingannya tutorial saya balik ke blogspot.
    ada kepikiran pake wordpress lagi tp hostingnya 🙁
    pastinya nambah kocek lagi buat renew

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *