Brave Browser, Solusi Kecepatan Dan Perang Iklan

Brave Browser, Solusi Kecepatan Dan Perang Iklan

Brave Browser, Solusi Kecepatan Dan Perang IklanDi zaman internet ada di mana-mana seperti sekarang ini, tidak bisa dipungkiri bahwa kecepatan dan keamanan berinternet sangat dibutuhkan semua orang, terutama oleh pengguna mobile dengan keterbatasan koneksi internet.

Sementara kecepatan internet bisa diartikan sebagai kecepatan mengakses sebuah website dan keamanan bisa diartikan bahwa pengunjung website terbebas dari hal-hal yang dapat merugikan seperti malware dan lainnya dari website yang dikunjunginya.

Dari sinilah masalah internet dimulai, IKLAN. Yup… iklan menjadi harapan para publisher atau pemilik web untuk mendapatkan “penghasilan”, namun di sisi lain iklan menjadi salah satu faktor penghambat kecepatan akses web. Dan di sisi lainnya banyak “iklan” yang malah merugikan penggunjung web dengan menyalurkan malware yang merugikan pengunjung web.

Perang iklan dimulai! Dan sampai saat ini terus menjadi perdebatan tentang mem-block iklan di internet untuk mendapatkan kecepatan dan keamanan berinternet. Publisher merasa dirugikan dengan adanya ad-blocker karena iklan menjadi tidak tampil yang otomatis tidak mendapatkan penghasilan dari iklan. Sementara pengunjung web merasa diuntungkan oleh ad-blocker karena bisa mengakses web lebih cepat dan terhindar dari iklan-iklan yang merugikan.

Yang menjadi masalahnya adalah tidak semua iklan berbahaya namun tetap di-block. Di situlah letak perselisihan yang terjadi.

Namun kini ada sebuah ide yang mungkin bisa menjadi solusi di tengah perang ad-blocker ini. Publisher masih tetap akan mendapatkan penghasilan walau iklan di web mereka tidak ditampilkan guna kecepatan dan keamanan berinternet.

Adalah Brave, sebuah browser yang secara default mem-block iklan namun pengunjung bisa memberikan donasi pada web-web yang mereka kunjungi dengan sistem donasi bitcoin yang dikelola oleh pengembang Brave dengan analisis persentase seberapa sering dan lamanya kunjungan pengguna pada sebuah web.

Tentunya hal ini adalah cara yang paling masuk akal di tengah-tengah polemik ad-blocker sehingga kedua pihak (publisher dan pengguna) tetap mendapatkan manfaat dan kenyamanan berinternet.

Bravo memberikan pilihan kepada penggunanya untuk tetap menampilkan iklan dan pelacakan, mengganti iklan di web dengan iklan dari Brave (saat ini belum tersedia), atau menonaktifkan iklan.

Brave juga memberikan pilihan kepada pengguna untuk menjadi donatur bagi website-website yang mereka kunjungi.

Bagusnya lagi, Brave dirilis sebagai software open source di Github, jadi semua orang bisa berkontribusi untuk lebih meningkatkan browser Brave menjadi lebih baik.

Setelah saya coba, walaupun menampilkan iklan di web, saya rasa Brave menampilkan web lebih cepat dari browser lainnya yang telah ada lebih dulu. Bagaimana menurut Anda?

Mau mencoba Brave? Silahkan unduh Brave Browser DI SINI.

Author: Adhy Suryadi

I am just an ordinary people who are interested in code. Trying to share experiences while studying blogging, hopefully useful. Other Blogs: Kompi Ajaib | MyInfo.web.id | Adhy Suryadi Follow me on: Facebook | Twitter | Google+

Share this:

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *