Fakta Dan Mitos Tentang Minum Air Putih

Fakta Dan Mitos Tentang Minum Air Putih

Fakta Dan Mitos Tentang Minum Air PutihBanyak yang mengatakan bahwa minum air putih sebaiknya sebanyak 8 gelas sehari. Namun sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar karena itu hanya mitos belaka. Lantas seperti apa saja mitos dan fakta tentang minum air putih ini?

Ada beberapa mitos dan fakta yang berkembang di tengah-tengah masyarakat tentang minum air putih. Di antara mitos dan fakta minum air putih ini seperti beberapa di bawah ini.

Mitos Dan Fakta

Minum air putih 8 gelas sehari, itu adalah hanya mitos belaka. Faktanya anjuran minum air putih sebanyak 8 gelas per hari adalah anjuran umum, sebab kebutuhan manusia akan air minum itu berbeda-beda. Untuk kebutuhan minum seorang pria dan wanita berbeda. Untuk pria memerlukan 13 gelas air putih, sedangkan untuk wanita memerlukan air putih sebanyak 9 gelas atau 2,2 liter. Tetapi hal tersebut tidak bisa dijadikan standar untuk beberapa hal seperti kegiatan seseorang meningkat seperti berolah raga atau bekerja maka kebutuhan akan air putih pun akan meningkat.

Minum air sambil berdiri tidak baik untuk kesehatan, itu adalah benar fakta adanya. Suatu kajian telah membuktikan bahwa minum air putih sambil berdiri sangat merugikan bagi tubuh dan sebaiknya dilakukan sambil duduk. Jika air putih diminum sambil duduk maka air akan disaring namun jika diminum sambil berdiri maka air putih tidak disaring dan langsung menuju kandung kemih dan akan meyebabkan pengendapan di saluran ureter dan menyebabkan penyakit kristal ginjal dan susah kencing.

Kebiasaan minum air putih saat makan. Ada beberapa kebiasaan orang yang minum air putih saat makan, ada yang minum sebelum dan sesudah makan dan ada pula yang minum di sela-sela makan. Ternyata faktanya minum di sela makan akan membahayakan perut sebab akan menghambat kekuatan pencernaan perut dan peningkatan kadar insulin yang dapat menyebabkan penumpukan lemak. Namun jika hanya minum air putih sedikit saja tidak apa-apa, dan sebaiknya minum air putih 2 jam sebelum dan setelah makan karena akan membantu penyerapan nutrisi.

Minum air dingin akan menyebabkan gemuk, itu adalah hanya mitos belaka. Faktanya adalah suhu air minum akan disesuaikan dengan suhu sistem pencernaan tubuh sehingga tidak akan mempengarui penyerapan lemak.

Minum air sekaligus banyak berbahaya bagi jantung dan ginjal. Memang betul minum air putih yang banyak baik untuk kesehatan namun tidak langsung sekaligus banyak karena akan memaksa kerja jantung untuk memompa darah lebih cepat dan memaksa ginjal untuk memompa cairan lebih cepat.

Anjuran

Sebaiknya minum air putih sebelum Anda merasa haus, setelah bangun pagi minum air putih 1 gelas, sebelum dan setelah sarapan minum 1 gelas air putih, minum air putih sebelum dan setelah berolah raga dan beraktivitas, dan sebelum tidur pun dianjurkan minum segelas air putih. Jangan minum air putih dalam jumlah banyak sekaligus, cukup minum air putih 1 atau 2 gelas air minum secara bertahap karena akan lebih terasa manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Author: Adhy Suryadi

I am just an ordinary people who are interested in code. Trying to share experiences while studying blogging, hopefully useful. Other Blogs: Kompi Ajaib | MyInfo.web.id | Adhy Suryadi Follow me on: Facebook | Twitter | Google+

Share this:

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *