Fakta Tentang Hukuman Mati Yang Perlu Diketahui

Fakta Tentang Hukuman Mati Yang Perlu Diketahui

Fakta Tentang Hukuman Mati Yang Perlu DiketahuiPasca pelaksanaan hukuman mati terhadap 8 orang terpidana kasus narkoba di Indonesia, kini proses hukuman mati di Indonesia ramai dibicarakan. Terlepas dari semua kontroversi yang ada, kita perlu mengetahui fakta-fakta tentang hukuman mati ini.

Metode hukuman mati yang dilaksanakan di Indonesia adalah tembak mati dan dilaksanakan di tempat yang jauh dari pemukiman warga dengan tata cara tertentu yang dilakukan oleh regu tembak jitu. Menurut beberapa pendapat, metode hukuman mati ini merupakan salah satu cara hukuman mati yang terhormat. Selain Indonesia yang menggunakan metode hukuman mati yang ditembak dengan cara ini adalah Tiongkok, Korea Utara, dan beberapa negara lainnya.

Saat eksekusi hukuman mati di Indonesia, mata sang terdakwa akan ditutup dan diikat di sebuah tiang. Kemudian para penembak jitu akan menembak ke arah jantung terdakwa. Dan ternyata faktanya, ternyata tidak semua senjata terisi peluru. Peluru hanya ada pada 1 senjata saja dan semua penembak jitu tidak mengetahui senjata mana yang terisi peluru, sehingga tidak mengetahui senjata siapa yang telah melaksanakan eksekusi mati.

Hukuman Mati Tercepat

Dari beberapa hukuman mati yang dilaksanakan di berbagai negara, ada beberapa hukuman mati yang dianggap menyiksa dan tidak manusiawi. Ada hukuman mati yang paling cepat dan tidak menyiksa. Adalah hukuman mati pancung yang merupakan eksekusi paling cepat dan tidak menyiksa karena begitu leher putus maka semua respon otak terhadap tubuh akan langsung terhenti kurang dari 8 detik. Saudi Arabia adalah salah satu negara yang paling sering melakukan eksekusi hukuman mati dengan cara ini.

Permintaan Terakhir Terdakwa

Menjelang hukuman mati, para terpidana mati akan diberikan hak istimewa untuk terakhir kalinya. Permintaan terakhirnya akan dikabulkan negara sesuai keinginan para terpidana mati menjelang eksekusi.

Biaya Hukuman Mati

Dan tenyata dana yang dihabiskan untuk melaksanakan hukuman mati cukup besar yaitu anggaran biaya untuk mempersiapkan hukuman, saat hukuman, dan setelah hukuman termasuk biaya rapat koordinasi, konsumsi dan transfortasi serta akamomodasi eksekutor, dan lainnya. Biaya ini bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Sistem hukuman mati ini masih menjadi perdebatan di seluruh dunia. Efek hukuman mati ini bisa menjadi komplek seperti adanya dendam dari keluarga terpidana mati. Sementara pendapat lainnya mengatakan bahwa hukuman mati memberikan efek jera yang jelas sehingga orang akan berpikir dulu ketika akan melakukan kejahatan sehingga tidak akan ada yang berani melawan hukum. Namun apapun kontroversi tentang hukuman mati itu dikembalikan lagi ke pendapat kita masing-masing.

Author: Adhy Suryadi

I am just an ordinary people who are interested in code. Trying to share experiences while studying blogging, hopefully useful. Other Blogs: Kompi Ajaib | MyInfo.web.id | Adhy Suryadi Follow me on: Facebook | Twitter | Google+

Share this:

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *