Kapan Saatnya Kita Membuat Website?

Kapan Saatnya Kita Membuat Website?

websiteMungkin judul postingan ini adalah sebuah pertanyaan yang ada di benak sebagian orang. Dan itu juga yang dulu ada di benak saya. Banyak orang yang mungkin masih menganggap “website” merupakan suatu hal yang bukan untuk orang biasa.

Wajarlah jika hal itu muncul dan menjadi “sesuatu” yang tidak mungkin dimiliki orang-orang biasa karena memang pengetahuan tentang “website” sendiri masih minim di kalangan masyarakat biasa. Ketidaktahuan itulah yang membuat masyarakat biasa berpikir tidak perlu memiliki sebuah website.

Sebuah website biasanya menyajikan informasi tentang berbagai hal yang dapat diakses melalui internet dengan sebuah browser melalui alamat internet atau lebih dikenal dengan URL. Konten atau informasi dari website tersebut bisa berbagai macam tergantung tujuan dan kehendak si penulis konten.

Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer – Wikipedia.

Mungkin dari cuplikan di atas terdapat beberapa istilah yang membuat kening sedikit berkerut. Nah saran saya untuk istilah-istilah tersebut sebaiknya kita singkirkan dulu agar tidak membuat diri kita “alergi” terhadap website, lebih baik kita fokus dulu pada penyajian informasi atau penulisan konten di website.

Saatnya Membuat Website

Lalu kapan saatnya kita membuat website? Jangan berpikir bahwa membuat sebuah website adalah hal sulit yang memerlukan keahlian khusus. Kita hanya perlu beberapa menit saja untuk membuat sebuah website. Kini banyak tempat atau platform di internet yang menyediakan tempat untuk membuat website dengan mudah dan gratis seperti Blogger, WordPress.com, dan lain-lain. Yang paling kita perlukan di sini adalah sebuah niat. Jadi sekaranglah saatnya yang tepat untuk Anda untuk mulai membuat website.

Kemudian pasti muncul pertanyaan lainnya, “Untuk apa dan harus diisi apa website yang saya buat tadi?

Website yang kita buat bisa untuk berbagai hal dan bisa diisi dengan apa saja yang ingin kita utarakan dan kita kuasai yang menurut kita pantas untuk menjadi konsumsi publik. Bisa untuk menjadi tempat curhat, untuk mencatat pengalaman dan perjalanan hidup, berbagi pengetahuan, atau bahkan bisa untuk menjalankan sebuah bisnis dan mencari penghasilan.

Akan lebih mudah jika Anda memiliki sebuah hobi dan menguasainya. Tuliskan pengetahuan dan pengalaman Anda tentang hobi Anda tersebut yang mungkin bisa berguna dan bermanfaat untuk orang lain. Apalagi jika Anda memiliki hobi menulis dan bercerita, itu akan lebih memudahkan Anda dalam mengisi website Anda.

Setelah Anda menuliskan semua hal yang Anda ketahui dan layak dipublikasikan, kini saatnya Anda mulai belajar memoles website Anda agar tamu kita merasa betah dan nyaman untuk membaca semua informasi atau cerita kita. Banyak tutorial cara mengoptimalkan tulisan atau website kita, baik dari segi isi dan tampilan. Sehingga nantinya website kita tidak terkesan alakadarnya, dan agar tulisan yang kita buat tidak hanya kita yang membacanya. Apalagi jika website yang kita buat ditujukan untuk pengembangan usaha kita, maka penyajiannya harus benar-benar bisa membuat orang lain ingin singgah di tempat kita.

Kenapa hal ini (memoles website) perlu kita lakukan juga? Silahkan simak sedikit uraian saya tentang hal ini di sini.

Mesin Uang

Dan yang perlu kita ketahui, website yang kita buat bisa kita jadikan sebagai mesin uang. Kini sudah banyak blogger (istilah untuk orang yang memiliki blog/website) yang menggantungkan hidupnya dari blog yang ia miliki. Jangan ditanya berapa penghasilan yang mereka dapat, karena akan membuat mata Anda terbelalak.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai membuat website/blog. Tidak ada alasan untuk tidak memulai membuat blog karena kita tidak memiliki dan mengerti ilmunya karena semua itu bisa kita pelajari.

Jika ada niat maka ada jalan.

Author: Adhy Suryadi

I am just an ordinary people who are interested in code. Trying to share experiences while studying blogging, hopefully useful. Other Blogs: Kompi Ajaib | MyInfo.web.id | Adhy Suryadi Follow me on: Facebook | Twitter | Google+

Share this:

Loading...

5 thoughts on “Kapan Saatnya Kita Membuat Website?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *