Mungkinkah Jakarta Pakai Sistem Parkir Seperti Jepang?

Mungkinkah Jakarta Pakai Sistem Parkir Seperti Jepang?

Hosting WebsiteSeperti kita ketahui bahwa kota-kota besar di Indonesia khususnya DKI Jakarta memiliki permasalahan yang cukup pelik mengenai lalu lintas yaitu macet. Keadaan ini tentunya sangat berpengaruh pada aspek kehidupan lainnya karena semuanya berjalan sangat lambat.

Pertambahan kendaraan seperti motor dan mobil tidak seimbang dengan pertumbuhan jalan. Ditambah dengan pengguna jalan yang tidak sadar lalu lintas, angkutan umum yang semrawut berhenti di mana saja, serta lahan parkir yang tidak memadai sehingga mobil dan motor parkir sembarangan di bahu jalan. Jelas saja ini semakin menambah parah kemacetan jalanan Jakarta.

Baru-baru ini Pemerintah DKI Jakarta memberlakukan parkir meter di beberapa sudut kota Jakarta untuk mengatasi masalah parkir sembarangan. Namun sepertinya masih kurang efektif karena tetap masih memerlukan lahan yang cukup luas untuk area parkir mobil dan motor.

Parkir Bawah Tanah


Baru-baru ini saya menemukan sebuah video tentang sebuah sistem parkir sepeda bawah tanah di Jepang. Adalah The Eco Cycle, Anti-Seismic Underground Bicycle, sebuah sistem parkir sepeda bawah tanah yang didesain dan dibangun oleh para insinyur dari Giken Seisakusho, Jepang yang dapat menyimpan hingga 800 sepeda. Dan kini penciptanya juga tengah mengembangkan desain yang sama untuk sistem yang akan bekerja dengan cara yang sama untuk mobil. Untuk videonya bisa Anda putar pada player di atas.

Parkir Bawah TanahTampaknya ini cukup efesien untuk mengirit tempat di kota-kota besar karena lahan parkir yang tersedia akan disimpan di bawah tanah, sementara di permukaan hanya perlu beberapa meter persegi untuk pintu parkirnya seperti pada gambar di samping.

Parkir Bawah TanahPengguna cukup meletakan sepeda mereka pada tempat yang disediakan, masukan kartu atau kode dan selanjutnya mesin yang akan melakukan sisanya. Sepeda kemudian akan otomatis masuk ke bawah tanah dan disimpan pada tempatnya. Kemudian sepeda akan dinaikan ke permukaan ketika pengguna memerlukannya. Menurut penciptanya, Eco Cycle ini merupakan sistem parkir bawah tanah tahan gempa sehingga akan aman untuk sepeda itu sendiri ketika gempa terjadi.

Saya kira ini akan mengatasi masalah untuk parkir sembarangan di kota-kota besar di Indonesia sebagai salah satu penyebab kemacetan tanpa memerlukan lahan luas untuk tempat parkirnya. Dengan ini juga akan menghindari kendaraan dari pencurian karena dilindungi sistem parkir yang canggih.

Sumber: http://www.giken.com/en/developments/eco_cycle/

Author: Adhy Suryadi

I am just an ordinary people who are interested in code. Trying to share experiences while studying blogging, hopefully useful. Other Blogs: Kompi Ajaib | MyInfo.web.id | Adhy Suryadi Follow me on: Facebook | Twitter | Google+

Share this:

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *