Nama Pahlawan Yang Dijadikan Nama Jalan Di Luar Negeri

Nama Pahlawan Yang Dijadikan Nama Jalan Di Luar Negeri

Hosting WebsiteBanyak nama jalan yang menggunakan nama-nama pahlawan khususnya di Indonesia, dengan begitu akan mudah mengingat dan mencantumkan alamat jalan tersebut, karena nama jalan juga merupakan suatu unsur yang penting dari alamat atas identitas seseorang.

Namun, apakah Anda mengetahui bahwa ada beberapa negara yang menggunakan nama-nama pahlawan Indonesia untuk nama jalan di negaranya?

Nama pahlawan yang digunakan sebagai nama jalan di negara-negara tersebut tentunya memiliki sejarah tertentu yang berkaitan dengan negara tersebut sehingga mereka menggunakannya sebagai nama jalan sebagai rasa penghormatan dan penghargaan kepada pahlawan tersebut.

Lantas negara apa saja yang menggunakan nama pahlawan Indonesia untuk nama jalan di negaranya? Simak beberapa di bawah ini.

Jalan Soekarno Di Maroko Dan Mesir

Rue Soukarno, adalah nama sebuah jalan di Maroko sebagai penghargaan kepada Soekarno yang diberikan oleh raja Maroko  atas perannya yang mengizinkan kitab karya ulama Maroko yang dijadikan bahan rujukan wajib di berbagai pesantren di Indonesia.

Jalan Soekarno Di Maroko

Pemimpin Mesir kala itu, Gamal Abdel Nasser memberikan penghargaan kepada Soekarno dengan membuat nama jalan di Mesir dengan nama Ahmed Sokarno St. atas hubungan baik antara Indonesia dan Mesir. Bahkah hubungan baik ini sampai tercetus Konferensi Asia Afrika di Bandung. Dan nama Admed di depan nama Sokarno tersebut diberikan oleh para mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir untuk menegaskan bahwa Soekarno adalah seorang Muslim.

Jalan Soekarno Di Mesir

Jalan R. A. Kartini Di Belanda

R. A. Kartini adalah pahlawan yang memperjuangkan harkat dan martabat para perempuan dengan karyanya “Habis Gelap Terbitlah Terang” yang disusun oleh Menteri Kebudayaan Agama Dan Kerajinan Hindia Belanda saat itu. Kemudian kerajaan Belanda memberikan penghargaan kepada Kartini dengan membuat nama jalan dengan R. A. Kartinistraat. Tidak hanya 1 tapi 3 buah jalan di Belanda menggunakan nama Kartini.

Jalan R. A. Kartini Di Belanda

Jalan Mohammad Hatta Di Belanda

Pahlawan lainnya yang diabadikan sebagai nama jalan di Belanda adalah mantan Wakil Presiden RI, Mohammad Hatta atas peran pentingnya pada kemerdekaan Indonesia dengan nama jalan Mohammed Hattastraat.

Jalan Mohammad Hatta Di Belanda

Jalan Munir Di Belanda

Baru-baru ini di Belanda mengangkat seorang pejuang hak asasi manusia dari Indonesia dan mengabadikannya sebagai nama jalan. Adalah Munir Said Thalib seorang pejuan hak-hak asasi manusia Indonesia yang meninggal dalam perjalanya menuju Amsterdam Belanda karena keracunan makanan. Nama Munir dijadikan nama sebuah jalan dengan nama Munirstraat.

Jalan Munir Di Belanda

Sumber: SpotLite Trans7

Author: Adhy Suryadi

I am just an ordinary people who are interested in code. Trying to share experiences while studying blogging, hopefully useful. Other Blogs: Kompi Ajaib | MyInfo.web.id | Adhy Suryadi Follow me on: Facebook | Twitter | Google+

Share this:

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *