Pilih Mana, Jetpack Contact Form Atau Contact Form 7 ?

Pilih Mana, Jetpack Contact Form Atau Contact Form 7 ?

Jetpack Contact Form Atau Contact Form 7Jika kita berniat membuat contact form di blog wordpress self hosted, ada dua plugin yang populer digunakan untuk contact form. Dan dua-duanya memiliki keuntungan dan kerugian yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilih menggunakannya.

Dua plugin populer untuk contact form ini adalah Jetpact Contact Form dan Contact Form 7. Setelah saya coba dua plugin ini, maka saya bisa melihat beberapa keuntungan dan kerugian dari kedua plugin ini. Dan yang perlu diperhatikan, jangan mengirimkan email ke email hosting kita tapi arahkan contact form ke akun email gratis pihak ketiga seperti gmail atau yahoo untuk menghemat database hosting kita dan menghindari serangan pesan spam.

Awalnya saya menggunakan contact form 7 terlebih dahulu karena ini adalah plugin rekomendasi dari tema yang saya gunakan. Dan kemudian saya menginstall plugin jetpack untuk mendapatkan data statistik page view blog wordpress. Dan seperti kita ketahui bahwa plugin jetpack memiliki beragam fitur yang berguna untuk blog seperti data statistik dashboard, widget sosial sharing, related post widget, dan banyak lagi. Dan ternyata plugin ini juga memiliki contact form widget.

Meminimalkan Penggunaan Plugin

Kemudian saya berpikir, kenapa harus menginstall 2 plugin (contact form plugin) jika 1 plugin saja bisa memenuhi kebutuhan blog saya. Dari situ maka saya memutuskan untuk menonaktifkan plugin contact form 7 dan lebih memilih menggunakan contact form dari plugin jetpack. Dengan begitu saya berpikir bahwa ini adalah cara meminimalkan penggunaan plugin di wordpress.

Namun setelah saya coba menggunakan contact form dari plugin jetpack dengan mengarahkan pengiriman email ke akun gmail saya, ternyata jetpack juga menyimpan semua pesan masuk di dashboard wordpress dengan bilah/tab Feedback. Berarti ini menggunakan disk hosting kita untuk menampung pesan masuk dari contact form.

Dan saya rasa ada yang kurang baik dari ini. Coba bayangkan jika contact form tersebut mendapat serangan ribuan spam, sudah dipastikan volume database kita akan terpakai bahkan mungkin bisa overload dan ini sangat buruk untuk website kita. Memang kita bisa menangkis spam dari contact form jetpack ini dengan Akismet, tapi akan lebih baik jika kita menghindarinya.

Keputusannya

Akhirnya saya kemudian memutuskan untuk menggunakan contact form 7 kembali dengan mengarahkan pengiriman pesan ke akun gmail untuk keamanan database hosting dari serangan spam. Semoga ini bisa berguna dan memberikan pertimbangan bagi Anda untuk memilih contact form untuk website kita.

Author: Adhy Suryadi

I am just an ordinary people who are interested in code. Trying to share experiences while studying blogging, hopefully useful. Other Blogs: Kompi Ajaib | MyInfo.web.id | Adhy Suryadi Follow me on: Facebook | Twitter | Google+

Share this:

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *