Printer Epson Inkjet Photo L800 Untuk Usaha Cetak Photo

Printer Epson Inkjet Photo L800 Untuk Usaha Cetak Photo

Printer Epson Inkjet Photo L800Apakah Anda menguasai aplikasi Photoshop, memiliki perangkat komputer dan tinggal di daerah wisata? Jika iya, ada satu peluang usaha yang bisa Anda kembangkan untuk membantu keuangan keluarga yaitu fotografer wisata dan cetak photo.

Biasanya para wisatawan datang ke daerah wisata seperti pantai, danau, pegunungan, atau wisata lainnya untuk berlibur dan menikmati pemandangan alam. Lebih dari itu tentunya para wisatawan pun biasanya mengabadikan kenangannya dengan ber-photo ria bersama teman dan keluarga. Namun banyak juga dari wisatawan yang tidak bisa mengabadikan kenangan berwisata di tempat Anda karena tidak membawa kamera atau handphone berkamera.

Nah inilah peluang usaha yang bisa dikembangkan di daerah wisata yaitu menjadi fotografer yang siap mengabadikan kenangan-kenangan para wisatawan di daerah wisata.

Dengan modal kamera DSLR, Anda siap menjadi fotografer daerah wisata di tempat Anda. Anda tinggal berkeliling sambil menawarkan jasa foto kepada para wisatawan yang Anda temui. Khususnya di daerah saya tinggal, Pantai Pangandaran – Jawa Barat, para fotografer menawarkan jasa foto kepada para wisatawan dengan harga Rp. 40.000 untuk foto ukuran A4, Rp. 20.000 untuk ukuran 1/2 A4, dan Rp. 10.000 untuk ukuran 1/4 A4.

Jika pada musim liburan, para fotografer ini bisa menjual ratusan foto wisatawan. Sudah terhitung berapa pendapatan yang mereka dapat dari jasa foto wisata ini kan?

Nah, jika ada fotografer wisata yang menawarkan jasa foto wisata kepada para wisatawan, tentu ada pula yang menyediakan jasa cetak photo untuk para fotografer ini. Nah inilah peluang usaha lainnya yang bisa dikembangkan di daerah wisata. Jika Anda minimal menguasai aplikasi Photoshop dan memiliki perangkat komputer atau laptop, Anda bisa membuka usaha cetak photo untuk melayani para fotografer wisata ini.

Saya sendiri sekarang sedang menjalankan usaha ini (cetak photo) di daerah saya, Pantai Pangandaran – Jawa Barat. Dari pengalaman saya, ada rekomendasi printer untuk usaha cetak photo wisata ini yaitu Printer Epson Inkjet Photo L800.

Untuk usaha cetak photo wisata diperlukan sebuah printer yang benar-benar tangguh dan cepat karena akan mencetak foto dalam jumlah banyak dan tentunya dalam waktu yang terbatas karena foto harus langsung diserahkan kepada para wisatawan.

Printer Epson Inkjet Photo L800 sudah terbukti tangguh dan cepat dalam mencetak banyak photo dengan kualitas yang bagus. Printer Epson Inkjet Photo L800 merupakan printer pertama keluaran Epson yang langsung dilengkapi dengan sistem tangki untuk tinta sehingga tinta benar-benar disuplai dengan sistem yang benar (biasanya kita memodifikasi printer seperti Epson R230 dari catridge menjadi sistem tangki sehingga beresiko printer cepat error).

Dan satu hal yang harus diperhatikan, untuk Printer Epson Inkjet Photo L800 ini kita harus menggunakan tinta orisinil agar printer menjadi tangguh dan awet. Jika kita coba-coba menggunakan tinta abal-abal (harga tinta abal-abal jauh lebih murah) maka printer akan cepat rusak dan error. Tidak mau kan jika modal belum kembali tapi alat sudah rusak?

Selain printer lebih awet dan tangguh, dengan tinta orisinil ini menjadikan kualitas foto lebih baik serta lebih hemat penggunaan tinta. Harga 1 botol tinta untuk Printer Epson Inkjet Photo L800 ini sekitar Rp. 130.000, coba bandingkan dengan harga tinta abal-abal yang sekitar Rp. 25.000 per botol, harga yang jauh lebih murah. Jika dilihat dari harga tinta, tinta abal-abal sepertinya menjanjikan untung yang lebih besar. Namun resiko printer juga lebih besar, selain penggunaan tinta lebih boros, yang paling parah yaitu head printer menjadi error. Tentunya hal ini memerlukan biaya yang besar untuk memperbaikinya. Jadi bisa Anda pertimbangkan untuk penggunaan tintanya.

Printer Epson Inkjet Photo L800 ini cukup cepat dalam mencetak photo jika dibandingkan dengan printer Epson R230 yang sebelumnya saya gunakan. Untuk mencetak photo wisata cukup dengan menggunakan kualitas cetak Photo (tidak perlu dengan Best Photo) sehingga lebih cepat namun hasil photo tetap bagus sehingga cocok untuk digunakan untuk usaha cetak photo wisatawan yang memang diperlukan kecepatan dalam mencetak photo.

Untuk harga print 1 lebar A4 foto wisata dari fotografer wisata (bukan perorangan), biasanya dihargai Rp. 6.000 – Rp. 10.000 (tergantung daerah masing-masing).

Semoga bermanfaat…

Author: Adhy Suryadi

I am just an ordinary people who are interested in code. Trying to share experiences while studying blogging, hopefully useful. Other Blogs: Kompi Ajaib | MyInfo.web.id | Adhy Suryadi Follow me on: Facebook | Twitter | Google+

Share this:

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *