Serba-serbi Dan Hal Unik KAA 2015

Serba-serbi Dan Hal Unik KAA 2015

Serba-serbi Dan Hal Unik KAA 201560 tahun silam sebuah momen bersejarah Konferensi Asia Afrika digelar di Bandung. Konferensi ini merupakan sebuah gagasan mantan Presiden Soekarno sebagai bentuk solidaritas Asia Afrika dan untuk lebih menegaskan posisi Gerakan Non Blok.

Dan beberapa waktu yang lalu, Indonesia kembali menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika ke-60 tahun, tepatnya dilaksanakan di Bandung dan Jakarta yang berlangsung mulai tanggal 19 April 2015 sampai tanggal 24 April 2015.

Ada beberapa peristiwa yang unik dan menarik yang terjadi selama berlangsungnya Konferensi Asia Afrika yang perlu Anda ketahui. Peristiwa-peristiwa yang unik dan menarik untuk diketahui yang terjadi selama berlangsungnya KAA 2015 ini diantaranya seperti berikut ini.

Batu Akik Menjadi Souvenir Untuk Peserta KAA

Batu akik kini tengah menjadi fenomena di Indonesia. Hal ini menjadi inspirasi pihak penyelenggara untuk menjadikan batu akik sebagai cindera mata untuk seluruh peserta Konferensi Asia Afrika. Batu akik yang terpilih untuk dijadikan souvenir ini adalah batu akik panca warna. Batu akik panca warna ini seberat 60 kg dan merupakan hadiah dan kreatifitas dari warga Garut dan dijadikan liontin yang cantik. Dengan menjadikan batu akik panca warna ini sebagai cendera mata para kepala negara peserta KAA diharapkan batu akik akan lebih mendunia dan semakin populer di luar negeri.

Batu Akik Menjadi Souvenir Untuk Peserta KAA

Ruwatan Penyambutan Acara KAA

Walikota Bandung, Ridwan Kamil beserta sejumlah budayawan Bandung melaksanakan upacara ruwatan di sekitar Gedung Merdeka untuk menyambut acara puncak KAA yang dihadiri oleh ratusan orang. Acara ini juga diiringi dengan 60 buah jampana yang berisi nasi tumpeng sebagai lambang pelaksanaan KAA ke-60 tahun.

Ruwatan Penyambutan Acara KAA

Aksi Teatrikal Para Pendiri KAA

Untuk mengingat dan lebih mengetahui para pendiri KAA, diadakan aksi teatrikal yang mengambarkan para tokoh pendiri KAA dengan berdandan mirip dengan para tokoh seperti mantan Presiden Soekarno bersama ibu Fatmawati, Mochammad Hatta, Ali Sastro Amidjojo, Gamal Abdel Nasser, Presiden Ghana Kwame Nkrumah, Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru, dan Presiden Yugoslavia Josip Broz Tito. Selain untuk mengenang para pendiri KAA, mereka juga turut menyambut para delegasi peserta KAA ke-60 tahun.

Aksi Teatrikal Para Pendiri KAA

Bajaj Untuk Awak Media

Sebanyak 20 unit bajaj berbahan bakar gas disiapkan untuk para awak media yang meliput Konferensi Asia Afrika yang didatangkan oleh walikota Bandung, Ridwan Kamil langsung dari Jakarta dengan dicat biru dan berlogo KAA. Selain untuk mengantirkan para awak media ke berbagai tempat peliputan KAA, juga untuk mengkampanyekan bahan bakar gas atau BBG.

Bajaj Untuk Awak Media

Hijaber Pelukis Wajah Pencetus KAA

Adalah Zahra Zubaedah yang ditunjuk langsung oleh walikota Bandung Ridwan Kamil untuk melukis wajah Soekarno dan Nelson Mandela. Hijaber berusia 20 tahun ini melukis wajah tokoh KAA dengan menggunakan krayon dengan diselesaikan selama 10 hari dan dipajang di pinggir jalan Kota Bandung untuk menyambut Konferensi Asia Afrika.

Hijaber Pelukis Wajah Pencetus KAA

Rekor Muri Pemain Angklung Terbanyak

Sebanyak 20 ribu lebih pemain angklung yang terdiri dari pelajar, pegawai, dan relawan memainkan angklung secara serentak di stadion Siliwangi dan berhasil memecahkan rekor Muri yang rekor sebelumnya tercatat di Jakarta dengan jumlah pemain 11 ribu orang. Kegiatan ini merupakan sebagai rangkaian kegiatan untuk menyambut puncak perayaan KAA ke-60 tahun.

Rekor Muri Pemain Angklung Terbanyak

Itulah serba-serbi dan hal unik yang bisa penulis rangkum dari berbagai sumber yang terjadi selama Konferensi Asia Afrika ke-60 berlangsung, semoga bermanfaat.

Sumber: On The Spot Trans7

Author: Adhy Suryadi

I am just an ordinary people who are interested in code. Trying to share experiences while studying blogging, hopefully useful. Other Blogs: Kompi Ajaib | MyInfo.web.id | Adhy Suryadi Follow me on: Facebook | Twitter | Google+

Share this:

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *