Setelah Responsive Web Design Kini Accelerated Mobile Pages

Setelah Responsive Web Design Kini Accelerated Mobile Pages

Setelah Responsive Web Design Kini Accelerated Mobile PagesRasanya belum lama kita mengenal Responsive Web Design (RWD), bahkan sampai saat ini masih banyak blog yang belum menggunakan desain responsive. Namun kini sudah muncul lagi konsep Accelerated Mobile Pages (AMP).

Pada awal kemunculan Responsive Web Design (RWD), banyak blogger yang mengacuhkan hal ini. Karena merubah tambilan web dinamik menjadi responsive cukup menguras tenaga dan pikiran. Kita harus mengatur tampilan web agar sesuai dengan berbagai device, kadang banyak juga yang merubah struktur blognya agar menjadi lebih mudah responsive. Dan tidak semua blogger mengerti kode HTML dan CSS sehingga banyak yang kesulitan untuk membuat blognya menjadi responsive.

Namun setelah Google mengumumkan bahwa Responsive Web Design (RWD) ini dapat meningkatkan ranking pencarian khususnya untuk pencarian ponsel, maka para blogger berlomba untuk membuat blognya menjadi responsive. Dan memang Responsive Web Design (RWD) hasilnya benar seperti yang dikatakan Google, traffic meningkat khususnya dari ponsel.

Apa sih Responsive Web Design (RWD)?

Responsive Web Design (RWD) ini adalah untuk membuat halaman web Anda terlihat baik pada semua perangkat seperti desktop, tablet, dan telepon. Responsive Web Design (RWD) adalah tentang mengubah ukuran, menyembunyikan, menyusutkan, memperbesar, atau memindahkan konten untuk membuatnya terlihat bagus dan sama di setiap layar dengan menggunakan CSS dan HTML.

Namun masih banyak blogger yang kurang memahami desain responsive ini sehingga semua tampilan blog di desktop juga dipakai di ponsel. Sehingga hal ini menyebabkan masalah baru yaitu blognya sangat berat diakses dengan perangkat ponsel. Karena kita tahu bahwa kecepatan akses internet antara desktop dengan ponsel sangat berbeda. Ponsel memiliki kecepatan internet yang terbatas, sehingga jika harus mengakses sebuah blog yang memiliki semua konten yang sama seperti desktop, tentunya ini akan sangat memberatkan.

Seharusnya untuk ponsel, yang terpenting adalah konten postingan dan jika memang harus ada maka salah satunya kotak komentar dan hal lainnya seharusnya disembunyikan dari ponsel.

Inilah yang kini memunculkan konsep baru di dunia internet. Dengan semakin meningkatnya penggunaan ponsel, maka mengharuskan sebuah website benar-benar ringan untuk diakses dengan ponsel. Maka munculah konsep Accelerated Mobile Pages (AMP) yang digagas oleh Google.

Apa sih Accelerated Mobile Pages (AMP)?

Accelerated Mobile Pages (AMP) ini merupakan inisiatif lain untuk meningkatkan kecepatan akses sebuah web dengan mobile. Jika konten yang dicari pengunjung dan diakses dengan cepat, fleksibel dan indah, termasuk iklan yang menarik dan efektif, tentunya ini semakin meningkatkan rangking pencarian dari ponsel serta pendapatan para publisher iklan.

Ini adalah cara baru untuk membuat halaman web benar-benar dioptimalkan untuk dapat dimuat langsung pada perangkat mobile.

Dari awal kita memang tahu bahwa javascript atau jquery, embed, dan script lain dari pihak ketiga adalah yang satu hal yang dapat menjadi beban dalam memuat halaman. Namun untuk lightboxes, embed widget, serta hal lainnya yang aktraktif tidak akan terlihat indah jika tanpa javascript.

Dengan AMP HTML, ini semua (javascript) tidak diperlukan sehingga akses halaman benar-benar ringan. AMP HTML lebih mirip dengan halaman web statis yang hanya terdiri dari CSS dan HTML.

Nah hal inilah yang kini menimbulkan masalah baru bagi para pengembang web karena dengan AMP maka tampilan web yang belum mendukung AMP HTML menjadi acak-acakan. Memang disediakan juga tombol untuk memuat halaman web yang sebenarnya, namun apakah kita bisa mengetahui semua perilaku para pengguna ponsel ketika mengakses sebuah halaman web? Tentu saja tidak. Hal ini akan berlaku jika akses berasal dari halaman pencarian selular Google.

Accelerated Mobile Pages

Akses website dengan Accelerated Mobile Pages

 
Responsive Web Design

Akses website dengan Responsive Web Design

Apakah kita harus mengikuti tren AMP HTML ini? Tentu saja jika kita ingin bersaing di pencarian selular, namun hal ini (AMP HTML) bukan pekerjaan yang mudah. Diperlukan pemahaman yang dalam tentang AMP HTML ini. Sementara kini masih terbatas sumber yang membahas tentang AMP HTML ini. Sementara Anda bisa membaca lebih jauh tentang Accelerated Mobile Pages (AMP) ini di sini.

Nah, jadi tambah repot bukan? Responsive saja belum paham betul, kini sudah muncul lagi Accelerated Mobile Pages (AMP).

Author: Adhy Suryadi

I am just an ordinary people who are interested in code. Trying to share experiences while studying blogging, hopefully useful. Other Blogs: Kompi Ajaib | MyInfo.web.id | Adhy Suryadi Follow me on: Facebook | Twitter | Google+

Share this:

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *