Siapa Yang Menang Dan Yang Kalah Di Mobilegeddon

Siapa Yang Menang Dan Yang Kalah Di Mobilegeddon

Siapa Yang Menang Dan Yang Kalah Di MobilegeddonSeperti kita ketahui bersama bahwa tanggal 21 April 2015 yang lalu Google telah mengirimkan pasukannya pada operasi Mobilegeddon di internet. Operasi ini ditujukan untuk meningkatkan rangking pencarian di mobile.

Secara sepintas, tentu saja ini sangat menguntungkan bagi blog yang responsive ( dan juga mobile friendly). Namun pada kenyataannya hal itu belum tentu benar adanya ?.

Saya membandingkan 3 buah blog yang berbeda dengan niche yang berbeda pula yang sudah responsive dan saya rasa sudah mobile friendly juga ?. Dari 3 buah blog tersebut saya mendapatkan sedikit kesimpulan tentang Mobilegeddon Google ini untuk memperkirakan blog seperti apa saja yang bisa bertahan dan mendapatkan ranking di pencarian mobile ini.

Mobile Friendly

Karena ini tentang pencarian mobile, maka jelas tidak hanya blognya saja yang harus mobile friendly, namun postingan atau konten pun harus mobile friendly. Jika kita ingin menang di era mobilegeddon ini maka kita juga harus membuat konten mobile juga.

Artinya kita harus memikirkan konten apa saja yang dicari pengguna mobile. Dari 3 blog yang saya kelola, dua di antaranya membahas tentang info seputar kesehatan, makanan dan masakan, paket internet, gaya hidup, dan info terkini lainnya, sedangkan blog yang satunya saya khusukan untuk tutorial Blogger. Dari situ terlihat jelas, bahwa blog yang membahas tentang konten yang memiliki kemungkinan besar dicari pengguna mobile seperti informasi kesehatan, paket internet, life style, gosip, dan lainnya mendapat kenaikan yang signifikan dari mobile ?. Bahkan di statistik jelas terlihat bahwa pengunjung mobile seimbang dengan pengguna desktop bahkan kadang melebihi jumlah pengunjung desktop ?.

Sedangkan blog saya yang membahas tutorial Blogger terlihat biasa-biasa saja walaupun blog sudah benar-benar mobile friendly. Statistiknya memperlihatkan grafik yang sama seperti sebelum ada mobilegeddon. Ini karena konten blog tersebut tidak memiliki kemungkinan dicari oleh pengguna mobile. Yang masuk ke blog tersebut sebagian besar dari pengguna desktop atau laptop yang mencari tentang tutorial modifikasi blog. Sedikit kemungkinan pengguna mobile untuk mencari tutorial Blogger karena susahnya membuat blog lewat mobile.

Kesimpulan

Jadi kesimpulan yang didapat dari perbandingan ketiga blog yang saya kelola adalah bahwa template blog yang responsive dan sudah mobile friendly belum tentu menang di pencarian mobile jika blog tersebut memiliki konten yang memiliki kemungkinan kecil dicari oleh pengguna mobile. Namun jika blog responsive dan mobile friendly dan memiliki konten yang bisa dikonsumsi oleh pengguna mobile, maka akan memiliki kunjungan lebih dari para pengguna mobile.

Author: Adhy Suryadi

I am just an ordinary people who are interested in code. Trying to share experiences while studying blogging, hopefully useful. Other Blogs: Kompi Ajaib | MyInfo.web.id | Adhy Suryadi Follow me on: Facebook | Twitter | Google+

Share this:

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *