Tahun 2016 Indonesia Mulai Menguji Proyek Loon Internet Google

Tahun 2016 Indonesia Mulai Menguji Proyek Loon Internet Google

Indonesia Mulai Menguji Proyek Loon Internet GoogleUntuk memiliki koneksi Internet yang cepat di Indonesia tampaknya akan mulai terwujud. 3 operator selular di Indonesia akan mulai menguji proyek Loon Internet berbasis balon bersama Google. Dengan itu diharapkan di Indonesia akan memiliki koneksi internet LTE berkecepatan tinggi yang akan menjangkau lebih dari 100 juta orang. Ketiga operator tersebut yaitu Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat.

Seperti kita tahu bahwa Indonesia memiliki sekitar 17.000 pulau dengan pegunungan dan hutan sehingga sangat sulit untuk menempatkan menara ponsel dengan kabel optik sehingga masih banyak orang yang tinggal di tempat yang tidak terjangkau internet, jika ada juga dengan koneksi internet yang sangat lambat.

Di situlah balon Loon akan bekerja dan bertindak sebagai menara ponsel terbang. Baloon Loon akan diterbangkan 2 kali ketinggian pesawat komersil atau sekitar ketinggian 20 km sehingga tidak akan mengganggu lalu lintas udara. Dengan begitu ini akan membantu operator selular lokal untuk memperluas cakupan jaringan yang ada untuk menjangkau daerah-daerah terpencil yang selama ini belum dan tidak terjangkau menara selular.

Namun tentunya juga hal ini harus ditunjang juga dengan perangkat ponsel yang memadai yang mendukung koneksi internet cepat.

Yang jadi pertanyaannya, mungkinkah kedepannya Indenesia juga akan memiliki internet murah? Karena saat ini biaya internet di Indonesia dirasakan sangat mahal.

Gambar dan sumber dari: Google Official Blog

Author: Adhy Suryadi

I am just an ordinary people who are interested in code. Trying to share experiences while studying blogging, hopefully useful. Other Blogs: Kompi Ajaib | MyInfo.web.id | Adhy Suryadi Follow me on: Facebook | Twitter | Google+

Share this:

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *